Breaking News :

Rahasia Memperbanyak Produksi ASI

memperbanyak asi
Upaya memperbanyak ASI seringkali ditempuh dengan obat memperbanyak ASI. Hal ini seringkali terjadi pada ibu baru yang sering merasa kesulitan saat awal-awal harus memberikan ASI untuk bayinya. Tak jarang susu formula yang akhirnya mengambil peran. Padahal ibu seharusnya sedikit bersabar dan berusaha untuk memperbanyak produksi ASInya.

Sebenarnya ada banyak cara memperbanyak produksi ASI, diantaranya,
  1. Mengurangi konsumsi kopi atau makanan berkafein lainnya dan yang terpenting jauhi rokok.
  2. Banyaklah meminum air putih, dengan begitu ASI akan semakin banyak terproduksi.
  3. Perlancar dan perbanyak produksi ASI dengan mengkonsumsi habbatus sauda’ atau jintan hitam.
  4. Tingkatkan kualitas makanan yang dimakan, yaitu dengan makan makanan yang bergizi seperti sayur, buah, daging, dan susu. Konsumsilah sayur-sayuran yang bisa mengentalkan ASI dan membuat ASI menjadi enak untuk bayi. Dengan begitu bayi akan merasa kenyang sehingga tidurnya nyenyak.
  5. Biasakan bayi menyusui langsung dari ibunya. Walaupun awalnya terasa sulit karena ASI yang keluar sedikit, payudara terasa sakit dan terluka ibu harus tetap semangat dalam memberikan ASI yang benar kepada bayi. Ibu harus berusaha tetap rileks jika menghadapi tangisan bayi yang terkadang membuat frustasi. Dengan bersikap rileks, ASI akan keluar dengan lancar, namun sebaliknya jika emosi maka ASI akan sulit keluar.
Berikut ini adalah makanan yang disarankan oleh pakar gizi agar ASI lancar dan berlimpah,

Daun katuk
Sudah menjadi tradisi turun temurun bahwa ibu menyusui yang banyak mengkonsumsi daun katuk, ASInya akan berlimpah dan kental. Daun katuk memiliki kandungan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna.

Almond
Almond benar-benar memberikan keajaiban bagi ASI karena Almond mengandung banyak kalsium yang sangat baik bagi ibu yang sedang menyusui. Almond juga sangat tinggi kalori dan tidak menyebabkan iritasi pada anak-anak.

Pare atau paria
Walaupun Pare memiliki rasa yang sangat pahit, tapi ternyata sayuran ini memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI sehingga membuat bayi akan mudah kenyang. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker.

Kacang hijau
Kacang hijau bermanfaat dalam membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu karena mengandung Vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat.

Pepaya
Pepaya mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Bagi ibu menyusui tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik agar tidak mudah capek serta ASI yang diproduksi akan berlimpah. Agar nafsu makan ibu bertambah konsumsilah bunga pepaya.

Bayam
Bukan hanya Popeye yang perlu makan bayam tapi ibu menyusui juga perlu makan sayuran tersebut. Bayam sangat baik bagi ibu menyusui untuk kekebalan tubuh bayi terutama bagi bayi yang baru lahir. Bayam mengandungan vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten, dan thiamin.

Nah itulah beberapa resep memperbanyak ASI, semoga ibu dan bayi semakin sehat.

1 komentar:

Obat Keputihan Alami Berkualitas mengatakan...

makasih ya.... semoga bermanfaat

Poskan Komentar

Copyright © 2012 Evobig Proudly powered by Blogger